Badan Mau tetap Fit Di atas Motor, Nih Resepnya



Selama menjalani puasa, kondisi fisik harus dijaga betul. Apalagi dalam keseharian mengendarai motor yang mobilitasnya cukup tinggi. Terik matahari bisa bikin lemas lantaran keringat terkuras banyak akibat badan diselimuti pakaian yang tebal. 
Ada beberapa cara untuk menjaga badan tetap segar agar bisa melaksanakan ibadah puasa. Tak cuma memilih makanan, tapi juga perlu berolahraga. Berikut ini beberapa tips untuk bikin badan tetap segar
Pilih Vitamin Selama puasa, jumlah kalori yang didapat tubuh, baik melalui makanan maupun minuman tentu berkurang. Karena konsumsi disuplai malam dan saat sahur. Untuk mencukupinya, selain makanan perlu ditambah dengan vitamin. Tapi tidak dianjurkan mengkonsumsi minuman energi yang mengandung zat perangsang. Disarankan suplemen untuk menambah kebutuhan vitamin dan mineral. Jangan lupa perbanyak juga makan buah, sumber vitamin juga banyak seperti vitamin A dan C.

Isi Bensin Malam Hari
Usahakan jangan mengantre siang hari, apalagi SPBU terbuka. Dalam kondisi mengenakan jaket dan helm, membuat keringat mengucur. Akibatnya badan jadi lemas dan dahaga, bawaannya mau minum saja. "Hal seperti itu hukumnya bisa dikatakan makruh. Artinya mendekati batal. Pokoknya hal kecil yang bisa bikin batal puasa harus dihindari," ungkap Abdul Aziz Muslim, guru di SLTP Islam Terpadu Ar-Rudho, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sebaiknya, pengisian dilakukan malam hari. Selain dingin, penguapan sedikit.
OlahragaBerolahraga perlu dilakukan. Terlebih, dalam satu hari menempuh jarak cukup jauh. Namun harus memperhatikan jadwal olah tubuh. mengubah waktu dan lama berolahraga agar puasa tetap jalan dan badan sehat. "Atur kegiatan berolahraga menjelang buka puasa. Durasinya juga dikurangi," jelas Jusri Pulubulu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting. "Justru jangan dihindari berolahraga, asal bisa diatur dengan baik, tidak apa-apa."
Hindari Jaket tebal
Selama bulan Ramadhan diperkirakan cuaca panas. bagi pengendara roda dua, disarankan memakai jaket sedikit lebih tipis dari biasanya. Kemudian jangan menggunakan warna hitam karena mudah menyerap dan mengeluarkan panas, termasuk juga pemakaian sarung tangan dari kulit (hitam). Kalau sekadar melindungi sengatan matahari, bisa diganti yang berbahan kain.
Posted on 15.41 by THANK YOU and filed under , | 0 Comments »

0 Komentar:

Posting Komentar