klan iklan yg sering membodohi kita.

Sebagai orang Indonesia tulen, saya merasa sedih. Akhir-akhir ini, masyarakat kita sering sekali dibodohi.
Entah karena masyarakat kita memang !!!*kata ini disensor oleh Admin*!!!, atau yang membodohi itu terlalu pintar sehingga kita menjadi terlihat bod-oh dan yang membodohi itu terlihat pintar? #mbulet. Bukan cuma orang-orang luar yang mencoba membodohi kita, bahkan sesama
warga Indonesiapun mencoba untuk saling membodohi. Salah satu dari tujuan pembodohan itu adalah untuk meraup keuntungan. Biasanya, aksi pembodohan itu berupa iklan ditelevisi tentang sebuah produk yang ingin dijual. OK, tanpa basa-basi lagi, berikut ini adalah beberapa iklan televisi yang menurut saya mencoba untuk membodohi kita semua.
Iklan baju pelangsing.
Biasanya, iklan produk ini tampil dibeberapa stasiun tv tertentu saja. Dan durasi iklannya juga jauh lebih lama ketimbang iklan televisi pada umumnya. Selain itu, yang saya tau juga perusahaan yang menjual produk ini juga sering menampilkan iklan-iklan produknya yang lain, seperti pembesar payudara, dan alat-alat kesehatan lainnya.(maaf bukanya porno lo) Dan yang paling menarik adalah ada pada iklan baju pelangsing yang akan saya bahas ini.
Seperti biasa, diawal-awal iklan menjelaskan tentang problematika yang dialami oleh banyak wanita diseluruh dunia,yaitu paha yang terlalu besar,
perut buncit, dan sebagainya. Lalu pada akhirnya, mereka menawarkan solusi yaitu berupa sebuah baju yang konon katanya bisa melangsingkan perut, mengencangkan paha , membakar lemak, dll tanpa harus repot-repot berolahraga. Permasalahannya adalah, saya melihat adanya kebohongan pada iklan ini. Model yang ditampilkan adalah seorang artis bernama Olla Ramlan. Di sinilah letak permasalahannya. Setahu saya, dari dulu Olla Ramlan meman sudah memiliki bentuk tubuh yang ideal, seksi, dan ehm gitu deh. Bahkan jauh-jauh hari sebelum ia menjadi model ikllan diproduk ini. Secara tersirat, produk tersebut mengklaim bahwa badan seksi yang dimiliki Olla Ramlan adalah berkat memakai baju pelangsing yang mereka jual. Kalau mau dibilang ampuh, coba gunakan Pretty Asmara sebagai modelnya, tentu saja dalam keadaan kurus.
Iklan shampo anti ketombe
Yang paling umum dari iklan shampo anti ketombe adalah iming-iming bahwa kepala anda akan terbebas dari ketombe hanya dalam waktu 7 hari. Tentu dengan pemakaian yang teratur. Tapi apakah benar dengan memakai shampo anti ketombe (merk apa saja) dalam waktu 7 hari bisa membuat kita terbebas dari rasa gatal yang diakibatkan ketombe? Saya sih ngga percaya.
Ciri khas lainnya dari iklan shampo anti ketombe adalah, shampo akan diadu dengan shampo lainnya. Tentu saja diadu siapa yang paling ampuh dalam menghilangkan ketombe, masa diadu suruh berantem. Dan kita akan menemukan kalimat seperti ini, Terbukti 2 kali lebih ampuh dibandingkan dengan shampo lain*. Yeah, kalau kalian jeli, maka kalian akan melihat tanda bintang diakhir kalimat.Dan tanda bintang tersebutlah yang memberi tahu kita kalau kita sedang dikibuli oleh iklan shampo tersebut. Di bawah layar televisi anda, akan ada catatan kecil yang berbunyi *Versus shampo non anti ketombe. Bagaimana? Konyol, 'kan? Ya pasti shampo anti ketombe bakal lebih mampu menghilangkan ketombe dibandingkan dengan shampo yang bukan anti ketombe (shampo pelembut, anti hair fall, dsb).Shampo anti ketombe melawan shampo non anti ketombe, ibaratnya adalah mo-nyet diadu dengan kura-kura untuk memanjat pohon. Saya yakin Nenek Gayung pun tahu siapa yang bakal menang, yak mo-nyet. Dan cuma orang konyol yang bilang kalau mo-nyet tersebut hebat bisa mengalahkan kura-kura dalam hal memanjat pohon.
Iklan kopi yang punya banyak rasa.
Di ceritaken, ada seorang pemuda mengetahui bahwa cewek yang disukainya ternyata telah jomblo lagi (baru putus dari pacarnya). Secara lebay, cowok Tersebut bereaksi layaknya orang habis nyimeng. Ia merasa terbang keawan dengan menaiki seekor paus akrobatik, membelah awan, terbang kelangit ke-19, dan akhirnya nyemplung ke kubangan lumpur. Iklan yang satu ini, menurut saya jauh lebih parah dari iklan pertama dan iklan kedua. Cowok yang ada diiklan tersebut, entah kenapa saya mengiranya dia itu seorang gay. Ketika ia tau seorang cewek menjadi jomblo, kenapa dia harus senang bukan main kayak gitu? Alasannya sederhana, ia bisa mendekati mantan cowoknya si cewek tersebut. Yak, dia itu gay. Selain gay, cowok tersebut juga punya masalah dengan kejiwaannya. Mana mungkin seekor paus bisa terbang? Udah gitu ditunggangin pula. Terbangnya sampai tembus ke awan lagi. Sinting.
Iklan provider tentang facebooker desa
Di certitaken, ada dua orang gadis desa yang merantau ke kota Jakarta. Yang satu berbadan langsing dan punya wajah yang lumayan menjual, dan yang satunya lagi berbadan gemuk dan berwajah biasa saja. Gadis yang langsing bernama Fitri Imut, dan yang gemuk kita sebut saja Anonim. Si Anonim ini orangnya tengil, dan sok tau. Dan si Fitri Imut ini terkesan culun dan polos. Di sepanjang perjalanan, si Anon ini berkicau melulu, katanya diJakarta ini cuma dia yang dikenal oleh si Fitri. Jadi, dia merasa lebih hebat dibandingkan si Fitri. Nyatanya, sepanjang perjalanan banyak sekali orang yang menyapa si Fitri, dan tidak ada satu orangpun yang menyapa si anon. Kebetulan, orang-orang yang menyapa si Fitri ini adalah teman-temannya didunia maya (facebook dan twitter). Bukan hanya menyapa, bahkan si Fitri juga dibawa oleh segrombolan cewek dengan mobil mewah.
Entah kenapa, pertama kali melihat iklan ini saya langsung teringat dengan kasus penculikan yang berawal dari facebook. Seorang cewek belasan tahun diculik oleh cowok yang dikenalnya difacebook. Dan kalo ngga salah, penculikan itu berakhir mesum.
Seharusnya, Si Fitri Imut yang ada di iklan provider itu harus lebih hati-hati lagi dengan orang yang dikenalnya didunia maya.
Kenapa dia sampai mau dibawa oleh segrombolan cewek yang jelas-jelas belum pernah ia kenal secara langsung? Apa ia tidak takut dijual ke om-om hidung belang? Atau dijual keluar negri? Dan lain sebagainya. Dan harusnya, si Anon mengingatkan dan mencegah Fitri Imut untuk ikut dengan mereka. Tapi kenapa dia diem aja?
Sumber!!
Posted on 22.20 by THANK YOU and filed under , , , | 0 Comments »

0 Komentar:

Posting Komentar