Hati-hati dengan "Remote" Mobil!

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan wartawan senior olahraga Kompas, TD Asmadi, sempat membuka pintu mobilnya menggunakan kunci lantaran remote-nya mendadak tidak berfungsi. Begitu pintu dibuka, alarm pun berteriak.

"Mungkin baterainya sudah habis atau ada yang enggak beres kali sama alarmnya," ungkapnya. Kompas.com yang kebetulan berada di dekat mobil—karena habis main tenis bersama—mengatakan, ini bukan masalah remote.

Kompas.com meminjam remote itu kemudian membawanya mengelilingi mobil untuk mencari titik sampai kunci pintu terbuka. Melalui upaya beberapa kali, akhirnya pintu bisa terbuka.

Syaiful dari Nissan TB Simatupang memberi informasi kepada Kompas.com kalau sekarang ini masalah "remote rewel" sedang tren. Ia menyebutkan, hal itu terjadi pada Suzuki Swift, SX-4, Honda New Civic, dan beberapa merek lainnya.

"Anehnya, remote-remote orisinal bermasalah, sedangkan yang buatan lokal justru aman. Dan kejadiannya pada jam-jam tertentu saja," paparnya.

Ia menyebut bahwa jalur dari Tangerang, Serpong, sampai Kebon Jeruk (Jakarta Barat) adalah wilayah-wilayah yang paling sering terjadi gangguan fungsi remote. Lainnya adalah Senayan City dan Blok M, Jakarta Selatan.

Kalau melihat jalur yang disebutkan Syaiful itu, terutama dari Tangerang sampai Kebon Jeruk, di sana banyak "ditumbuhi" menara pemancar radio, televisi, seluler, sampai radar milik kesatuan.

Nah, untuk itu, buat pemilik mobil, periksa dengan cermat apakah keempat pintu mobil sudah terkunci ketika Anda akan meninggalkan kendaraan. Hal ini terutama bagi para pemilik remote yang disetel tidak menimbulkan bunyi saat mengunci.
Posted on 15.03 by THANK YOU and filed under | 0 Comments »

0 Komentar:

Posting Komentar